Senin, 25 Oktober 2010

Penanganan Baru Untuk Kanker Anak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terapi jenis terbaru yang dilakukan dengan menstimulasi sistem kekebalan tubuh diketahui dapat menaikkan tingkat ketahanan hidup hingga 20 persen pada penderita neuroblastoma, yakni sebuah kanker di sistem saraf yang seringkali mematikan bagi anak-anak.

Terapi yang telah diteliti oleh Pusat Kanker di The Children’s Hospital of Philadelphia itu menunjukkan adanya kemajuan besar untuk pertama kalinya dalam sepuluh tahun dalam melawan kanker jenis ini. Penelitian menunjukkan bahwa terapi ini memberikan tingkat ketahanan hidup selama dua tahun hingga 20 persen dibandingkan dengan terapi standar lainnya yang biasa dilakukan untuk menahan keagresifan neuroblastoma.

Neuroblastoma merupakan kanker di bagian peripheral dari sistem saraf yang biasanya muncul sebagai tumor solid di bagian dada atau abdomen. Kanker ini diderita oleh persen dari jumlah anak-anak penderita kanker, tapi karena kemunculan kanker ini bersifat agresif, maka tingkat kematian yang disebabkan olehnya mencapai 15 persen dari semua kematian anak-anak yang disebabkan kanker.

Di penelitian terakhir, 226 pasien beresiko tinggi di pusat kanker menerima baik kemoterapi standar pemberian obat isotretinoin maupun terapi baru, immunotherapy. Immunotherapy mencakup antibodi monoclonal yang digambarkan sebagai “misil pertahananan” molekular yang diarahkan untuk membunuh sel-sel kanker yang ditargetkan pada pemunculan zat di sel kanker tersebut. Penanganan ini juga dimaksudkan untuk mengirimkan zat untuk meningkatkan respon daya tahan tubuh, termasuk interleukin-2.

Dalam perkembangannya selama dua tahun, sekitar 54 persen pasien neuroblastoma yang menerima penanganan standar menderita kambuh yang hampir selalu berakibat fatal. Sementara itu, hanya 34 persen pasien yang menerima uji coba immunotherapy mengalami kambuh pada kankernya tersebut, dan dengan tingkat kesembuhan yang lebih tinggi, namun demikian juga memiliki efek samping yang lebih banyak termasuk rasa sakit. The Children’s Hospital of Philadelphia telah menggunakan cara immunotherapy ini sebagai bagian dari penanganan standar bagi anak-anak penderita neuroblastoma beresiko tinggi selama lebih dari satu tahun. (about.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar