Senin, 25 Oktober 2010

Aktor Down Syndrome Memenangkan Penghargaan Film Bergengsi

Pablo Pineda, aktor Spanyol penyandang down syndrome, dianugerahi penghargaan sebagai aktor terbaik di Festival Film San Sebastian, untuk akting menawannya di film berjudul “Yo, Tambien” (“Me Too”).
Pineda memerankan seorang pria berusia 34 tahun yang menyandang down syndrome dan, seperti Pineda sendiri, berhasil meraih gelar sarjana. Karakternya kemudian beralih pada usahanya memulai pekerjaan baru di sebuah tempat pelayanan sosial di daerah setempat dan jatuh cinta pada rekan sekerjanya. Pineda sendiri meraih gelar sarjana di bidang pendidikan khusus.

Untuk berperan sebagai Sanz dengan berbagai bentuk emosi, mulai dari bahagia hingga kecewa dan sedih “membutuhkan banyak introspeksi diri, di mana saya harus mengenang saat-saat yang sulit bagi saya sendiri,” kata Pineda beberapa saat setelah film arahan Antonio Naharro dan Alvaro Pator tersebut diluncurkan di festival.

“Masalahnya adalah,” Pineda menjelaskan,” bahwa ada orang-orang yang bahkan tidak memiliki kesempatan dalam hidup seperti yang pernah saya miliki. Saya membuat film ini untuk kepentingan mereka. Saya selalu menganggap diri saya sebagai juru bicara, sebagai seseorang yang membawa bendera bagi komunitas down syndrome, karena mereka tidak mempunyai pilihan. Seseorang harus memiliki pilihan itu, dan seseorang itu adalah saya.”

1 komentar: