Jumat, 05 November 2010

Sekolah Khusus atau Sekolah Umum?

Bersekolah di sekolah khusus atau umum merupakan suatu pilihan yang masing-masing memiliki konsekuensi tersendiri. Dua model sekolah itu memiliki kelebihan, kekurangan serta tantangannya sendiri.

Kelebihan sekolah khusus terutama anak akan mendapatkan penanganan yang lebih sesuai dengan kebutuhannya. Sementara kekurangannya terletak pada upaya sosialisasi anak yang terbatas.

Karena itu, tantangan sekolah khusus mengharuskan orangtua untuk memberikan kesempatan pada anak bersosialisasi dengan anak-anak normal lainnya. Misalnya, mengajaknya bermain dengan tetangga atau saudara sebaya. Atau bisa pula dengan mengikutkan anak pada kursus yang sesuai dengan minatnya, di mana ia juga dapat bertemu dengan anak-anak lain, seperti kursus menyanyi atau beladiri.

Sementara kelebihan sekolah umum adalah anak dapat bersosialisasi dengan anak-anak normal pada umumnya. Tapi kekurangannya, kemungkinan besar guru kurang memahami kebutuhan khusus anak, sehingga penanganan yang diberikan kurang optimal.

Tantangannya, orangtua harus berusaha ekstra keras agar anak dapat mengikuti pelajaran di sekolah. Antara lain, dengan menjalin komunikasi yang positif dengan guru di sekolah untuk menjelaskan kebutuhan khusus anak. Selain itu orangtua harus terus memantau perkembangannya serta secara intensif mendampingi anak belajar di rumah atau menyediakan guru remedial untuk mengejar ketertinggalannya di sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar